Pernah bepergian ke luar negeri dan bingung dengan colokan listrik yang beda?? Lalu apa saja standart listrik yang dipakai di luar negeri??

Di Amerika dan kebanyakan negara barat mereka menggunakan listrik dengan tegangan 110-120 V, sedangkan untuk negara2 lainya di dunia menggunakan 220-240V. Perbedaan tegangan listrik ini memang tidak terlalu berpengaruh. Hanya saja dalam beberapa kasus tegangan listrik ini bisa membuat sebuah peralatan elektronik seperti jam misalnya menjadi lebih cepat atau bahkan menjadi lebih lambat. Sementara itu beberapa negara seperti Brazil dan Afrika menggunakan Alternative Current (AC) untuk menyalurkan listrik. Dan ada juga beberapa negara lainnya yang menggunakan Direct Current (DC) untuk menghantarkan listrik. Khusus untuk negara yang menggunakan DC ini kamu musti hati2 karena kalau barang yang kamu pakai tidak sama sistemnya bisa mengakibatkan barang kamu menjadi rusak dan hangus.
Ada 3 benda yang harus kamu perhatikan jika kamu membawa barang2 elektronik
  1. Adapter
  2. Converters
  3. Transformers
Adapter adalah alat bantu antara plug dari peralatan elektronik mu supaya bisa masuk ke lubang stopkontak yang berbeda dengan plug dari alat elektronikmu.  Adapter ini tidak merubah volt dari sumber listrik atau peralatan elektronikmu. Jadi kalau kamu sering bepergian ke tempat2 yang mempunyai stopkontak yang berbeda maka ada baiknya kamu membawa sebuah adapter, dan kalau bisa adapter yang mempunyai bermacam2 plugs.
Berikut ini beberapa standart plugs listrik yang ada di luar negeri :
Sementara itu bila kamu mempunyai alat yang membutuhkan voltage tertentu, misal kan HairDryer mu memakai 110 V dan tempat kamu menginap memakai 220V maka kamu harus menggunakan Converters. Dengan menggunakan converters ini aliran listrik yang masuk ke peralatan elektronik mu akan dibatasi tanpa dikurangi sehingga kamu bisa memakai peralatan yang menggunakan 110 V dengan sumber listrik 220 V. Converters ini bisa digunakan untuk beberapa alat seperti Hair Dryer tapi tidak cocok digunakan untuk alat2 yang memakai micro Chip didalamnya, seperti komputer. Dan satu hal lagi, converters ini tidak cocok bila digunakan dalam waktu yang cukup lama.
Bila Converters hanya membatasi aliran listrik ke peralatan elektronik mu, maka Transformers berbeda. Meskipun memiliki fungsi yang sama yaitu menghubungkan antar tegangan listrik, Transformer tidak membatasi listrik yang masuk. Transformer langsung mengurangi tegangan listrik yang masuk ke peralatan elektronikmu. Hal ini membuat transformer sangat cocok digunakan untuk semua peralatan elektronik dan juga bisa digunakan dalam waktu yang lama.
Jadi, kalau kamu mau bepergian ke luar negeri dan banyak membawa peralatan elektronik, jangan lupa membawa ketiga peralatan essential ini.

Categories:

Leave a Reply